Kamis, 31 Maret 2011

¤Di Angkot¤


Siang itu tia dan lulu jalan-jalan ke mal, setelah berkeliling menjelajahi tempat-tempat yang ada disana dan telah puas bolak balik naik exkalator merekapun pulang dengan barang bawaan yang cukup sedikit.
Dari rumah Tia dan Lulu emang udah sepakat bakal bolak-balik ngompreng naik angkot, soalnya motor jetmatic lulu enggak ada STNK dan SIMnya so. . .berhubung tu mall harus ngelewatin perkotaan dan alun-alun yang dijaga ama pak polisi yg selalu ngadin acara razia kaya begituan, yah akhirnya mereka ber dua ambil amannya aja, dari pada harus ngluarin duit banyak buat ngambil motor, belum lagi kalo kena sidang gara-gara tilangan. .huft. .
Males banget geto. . .
Didalam angkot yang mereka tungkangi ketika perjalanan pulang sedaritadi mulut Tia ibarat kereta super panjang sedunia, yang melaju begitu cepat tapi enggak keliatan-keliatan ujungnya. Yuph ngoceh tiada henti, belum lagi siang ini begitu terik didalam angkot kelas ekonomi yang penuh dan bejubel ini, pasti siapapun akan mengeluh kepanasan dan sumpek.
"Om, cepet jalan donk om. . . Panas banget ni, lama amit sih". Kini ocehan Tia tertuju pada si om.
Tak sia-sia, kontan pak sopir yang lagi sibuk mondar mandir nyari penunpang langsung masuk ke angkot, dan "bruuum!!" ampuh juga ocehan tia. .
Ya, mungkin karna tu supir takut penumpangnya pada kabur kali yah. .
Dari dalam angkot terlihat pemandandangan berbagai macam bangunan pertokoan dipinggir jalan yang tertata rapi dari toko-toko besar, sedang sampe yang terkecil dengan berbagai macam barang dagangan. Kali ini mata Tia tertuju pada toko yang menjual perlengkapan rumah tangga ada regulator kompor gas yang berjejer indah disana seakan mengingatkan Tia pada nasib regulator kompor gas milik lulu yang rusak, alhasil sampai saat ini lulu masih memakai kompor minyak yang harganya makin hari makin melambung tinggi.
" lu kamu udah beli regulator baru?"
tanya Tia tiba2 tanpa melihat sekelilingnya.
"belum. . " jawab lulu singkat.
"jadi kamu masih make kompor minyak dong. . ."
tia semakin memastikan, dan dijawab dengan anggukan dari lulu
"iya mba . . . Minyak sekarang mah harganya mahal banget 1 liternya 7500 mana saya orang miskin jadi ya. . . Walau enggak ada duit saya ada-adain deh, buat beli ni kompor". Mata tia dan lulu langsung tertuju pada barang bawaan yang di bawa oleh ibu-ibu paruh baya yang mengajak dua anak gadis untuk menemaninya.
Ternyata beliau membawa kompor gas yang memiliki dua tempat untuk memasak. Gebleknya lagi tia sedaritadi enggak ngeh kalo yang di bawa tu ibu adalah kompor gas, bener-bener enggak nyangka deh, pasti tu ibu ngiranya tia mbahas masalah regulator gara-gara dia ngeliat barang bawaan tu ibu.
Tia jadi enggak enak ati banget.
"oh. . .di ibu harganya 75 ya? Kalo di saya sih masih 7ribu bu. . "
jawab lulu yang ortunya emang punya usaha warung bahan-bahan pokok di rumahnya.
"iya disaya 75. . . Beli ni kompor aja duit limit banget, enggak tau deh besok mau makan apa uangnya udah abis". Eh. . Si ibu malah curcol dengan wajah yang memelas banget rasanya sampe pingin ngasih duit recehan.hehe
"eh kamu enggak mermak clana ti?"
kini giliran lulu yang bertanya, ketika angkot melewati tukang permak pakean yang mangkal dipinggir jalan.
"oh. . . Iya jadi inget clana kesayangan aku yang bolong-bolong enggak jelas gara-gara digigitin tikus. . .jadi bete banget ni".
Eh giliran tia cerita tentang penderitaanya dua anak gadis yang dari tadi cuman bisa diem, jadi penonton setia sekarang malah ketawa cekikikan. Nyebelin banget ce.
Akhirnya sampe juga didepan gang rumah lulu panas terik semakin menyengat dan begitu terasa kaya dipanggang.
"ya.. Panas bbnget si. . !!"
keluh tia sambil mengkibas-kibaskan kedua telapak tangannya.
"enggak ko mba adem kaya dipantai....(~_^)v. "
eh sisupir ikut-ikutan nyeletuk sungguh perjalanan yang enggak meaning banget.
-The end-


NB: ni cerpen tak buat waktu kelas 1 SMA. .^^ dan tanpa editan kecuali dikit doank. . .hee. .jadi kalau ada banyak kekurangan mohon dimaklumi.
-2009-

Tidak ada komentar: